Syarat Dan Ketentuan Pengiriman Artikel

I. Cara Mengirimkan artikel

Proyek Buku Warung Blogger from GusLik Galaxi

.

II. Syarat dan Ketentuan Pengiriman Artikel

Para pengirim artikel yang akan diterbitkan sebagai buku karya anggota Grup Warung Blogger diharapkan mempedomani persyaratan yang telah ditentukan oleh Desk Officer masing-masing.

Berikut disampaikan Syarat Pengiriman yang dibuat oleh para Desk Officers.

1. Penulisan Cerpen ~ Desk Officer RinRin Indrianie

a. Blogger anggota WB (jika belum sila join di sini)

b. Tema cerpen adalah “mimpi” (impian, harapan, cita-cita), dengan genre bebas sebebas-bebasnya, bisa romance, religi, inspiratif, horor, fantasi, komedi, apapun. Yang penting adalah, tidak menyinggung SARA dan mengandung unsur-unsur saru dan atau vulgar.

c. Jumlah kata 500-700 kata, ketik di words, kertas A4, margin 3-3-3-3, Times new roman font 12 spasi 1,5

d. Sebaiknya cerpen baru, tapi cerpen lama yang pernah dipublish di blog dipersilahkan jika memenuhi syarat sebelumnya,

e. Maksimal mengirimkan 2 cerpen.

f. Kenapa saya pilih tema ‘mimpi’, adalah karena saya berharap buku kumpulan cerpen para blogger ini, kelak akan membuat pembaca teringat kembali akan mimpi-mimpi yang pernah termiliki dan berusaha mewujudkannya. Jadi nanti judulnya bisa saja “Blogger punya Mimpi”, atau “Mimpi sang Blogger”, eh…nanti kita bicarakan lebih lanjut untuk judul bukunya ya.

g.Silahkan kirimkan naskah cerpen ke email saya rinrin.indrianie@gmail.com dengan subyek [CerpenWB] Judul cerpen – Nama penulis

h. Sertakan biodata singkat di badan email, berisi nama lengkap (dan nama pena jika ada), akun facebook, URL Blog, dan deskripsi pendek tentang penulis. Data-data tersebut nantinya akan dicantumkan dalam buku, jika naskah cerpen temans terpilih :)

i. Saya berpendapat fiksi adalah sebuah karya yang jujur, maka silahkan menjadi diri sendiri, aturannya adalah ‘no rules!’ hehehe. Silahkan berimajinasi seluas mungkin, tidak perlu terpaku pada ‘syarat-syarat menulis cerpen’ baku yang harus begini begitu. Menulis saja, karena setiap cerita memiliki kisahnya sendiri. Saya tunggu ceritamu ya temans .

j. Deadline : naskah terakhir saya terima di tanggal CLOSED

Sumber: Woro-woro : Buku Kumpulan Cerpen Warung Blogger

 .

2. Penulisan Artikel Parenting ~ Desk Officer Myra Anastasia

a. Blogger dan harus jadi anggota WB (yang belom terdaftar bisa klik disini untuk join)
b. Yang sudah jadi orang tua, kakek-nenek, bahkan yg masih single pun boleh ikutan. Laki-laki atau Perempuan, semua boleh ikutan — alasannya semua orang pasti pernah jadi anak-anak kan.. Pernah ngerasain sikap orang tua yang bisa di jadiin pelajaran buat kita, atau bisa juga pengalaman pribadi stetelah kita jadi orang tua ketika menangani anak-anak. Atau siapa tau walopun masih single tapi sehari-harinya berkecimpung di dunia anak-anak, jadi pahamlah tentang anak-anak.Jadi siapapun boleh ikut.. Pokoknya buku ini dari berbagai sudut pandang isinya yang penting temanya tetap Parenting
c. Gaya penulisan bebas, gak perlu pake bahasa baku. Pokoknya jadi diri sendiri aja kayak kita nulis di blog masing-masing – Yang penting jangan kasar, tidak menyinggung SARA, gak vulgar.
d. Pake bahasa Indonesia.. Gayanya bebas (lihat syarat #4) yang penting jangan pake bahasa alay dan singkatan-singkatan..
e. Tema juga bebas. Khusus untuk parenting sebaiknya ada sentuhan pengalaman pribadi karena ada istilah “pengalaman membuktikan”.
f. Postingan boleh dari yang udah ada di blog atau tulisan baru juga gak apa-apa.. Atau tulisan lama, di revisi supaya terlihat lebih fresh juga boleh
g. Karena bicara tentang anak juga luas jadi di batasi untuk parenting dari usia lahir sampai usia SD (+/- 12 tahun)
h.. Boleh kirim lebih dari 1 artikel
i. Di setiap naskah yang di kirim ada tips-tips berdasarkan pengalaman pribadi atau kalo enggak ada sesuatu yang memberi inspirasi buat yang baca. Yang jelas jangan malah balik tanya ke para pembaca. Misalnya ketika menulis tentang cerita kalo anaknya susah makan, di akhir tulisan malah tanya ke pembaca “Gimana caranya supaya anak saya gak susah makan ya?”. Jangan yaaa.. 
j. Minimum 500 kata
k. Ketik di words. Format kertas A4. Time News Roman font 12. 1,5 spasi. Margin 3333

l. Untuk yang berminat mengirim kategori parenting bisa langsung kirim tulisannya ke saya dibundake2nai@gmail.com

Format email [ParentingWB] Judul Tulisan
Di badan email tulis nama asli atau nama pena (terserah pilih yang mana), dan nama FB(buat ngecek udah jadi anggota WB atau belom), URL Blog (syaratnya kan harus blogger  ), Biodata singkat penulis.. Nanti data2 ini akan di cantumin di buku di halaman “Tentang Penulis”
Isi artikel JANGAN di tulis di badan email. Tp di words ya..

m. DL : Bisa kirim dari sekarang sampai tanggal CLOSED

Sumber: Woro-Woro : Buku Kumpulan Cerita Parenting

.

3. Penulisan Artikel Travel ~ Desk Officer Husfani A.Putri

a. Blogger anggota Warung Blogger (jika belum, silakan join di sini)

b. Tema cerita traveling ini bebas. Boleh tentang traveling keliling Indonesia atau keliling dunia, mau yang travelingnya terencana atau mendadak, mau a labackpacker atau koper, pokoknya bebas bas bas bas.Catatannya adalah: ga mengandung SARA dan unsur-unsur saru atau vulgar.

c. Ditulis dalam Bahasa Indonesia. Gaya penulisannya bebas, yang penting bisa dimengerti dan ga ada singkatan.

d. Jumlah halaman sebanyak 3-4 halaman, ketik di Ms. Word, kertas A4, margin 3-3-3-3, Times New Roman 12, spasi 1,5.

e. Di bawah ceritanya, tolong sertakan biodata singkat: nama lengkap, nama pena (kalau ada), akun facebook dan/atau twitter, URL blog, dan deskripsi singkat tentang penulis.

f. Cerita yang dikirimkan boleh yang baru atau yang pernah dipublish di blog. Hanya saja untuk cerita yang pernah dipublish, tolong dimodifikasi dan direvisi lagi  supaya bisa lebih oke.

g. Maksimal mengirimkan 2 cerita pengalaman traveling.

h. Bagi yang mau menyertakan fotonya saat traveling, boleh ikut diattach saat mengirimkan e-mail. Sertakan caption yang jelas, jangan hanya “P0112739” tapi “Putri lagi di menara Eiffel” (misalnya) 

i. Silakan kirim cerita travelingmu ke e-mail saya husfani.putri@gmail.com dengan subyek [TravelingWB] Judul Cerita – Nama Penulis

j. Deadline untuk yang saat ini adalah tanggal CLOSED (nanti sih rencananya mau bikin beberapa part buku tentang traveling kalau peminatnya banyak) :)

Sumber: Pengumuman: Buku Kumpulan Cerita Traveling WB

.

4. Penulisan Artikel Pendidikan ~ Desk Officer Fauzul Abimanyu Andim

a. Blogger

b. Harus jadi anggota Webe

c. Tidak dibatasi umur,

d. Gaya penulisan bebas, bisa berbentuk Opini, Kolom, Essay maupun Features yang terpenting bahasa yang digunakan tidak kasar, tidak menyinggung SARA dan tidak saru

e. Pakai bahasa Indonesia yang baik dan benar bukan bahasa alay dan lebay.

f. Tema difokuskan pada “Pendidikan Karakter” namun cakupannya luas bisa ditulis dalam perspektif agama, sosial, ekonomi, politik, dan budaya

g. Tulisan yang dikirim boleh dari tulisan lama yang sudah ada di blog, atau tulisan baru malah lebih baik lagi.

h. Boleh kirim lebih dari 1 artikel

i. Minimum 500 kata

j. Ketik di words. Format kertas A4. Time News Roman font 12. 1,5 spasi. Margin 3333

k. Tulisan harus original bukan dari copy paste kecuali kutipan dari sumber yang valid.

l. Alangkah baik jika menggunakan referensi (kalau ada)

 m.Untuk yang berminat mengirim artikel kategori Pendidikan bisa langsung kirim tulisannya ke saya di alamat email : abimanyu.blora5784@gmail.com

 Format email di subjeknya ditulis: [PendidikanWB] Judul Tulisan-Nama Pengirim

Di badan email dimohon menyertakan : nama asli (nama pena juga boleh) dan nama FB (buat ngecek udah jadi anggota WB atau belom), URL Blog (syaratnya kan harus blogger), Biodata singkat penulis.. Nanti data2 ini akan di cantumin di buku di halaman “Tentang Penulis”

Isi artikel JANGAN di tulis di badan email. Tp di words ya.. n.

DL : Bisa kirim dari sekarang sampai kuota artikel terpenuhi

.

 5. Penulisan Artikel Sains dan Teknologi ~ Desk Officer Rahmah Usman

a. Blogger (minimal di blognya sudah ada 10 artikel)

b. Jadi anggota Webe

c. Tak dibatasi usia. Sebab jangkauan sains dan teknologi tak terbatas.

d. Gaya penulisan bebas. No SARA. Lebih bagus lagi jika menampilkan foto/gambar penunjang tulisan (kalau foto/gambar yang diambil dari internet, mohon cantumkan sumbernya)

e. Menggunakan bahasa Indonesia (bahasa asing boleh sebagai pelengkap saja) dan sama sekali tidak diperkenankan bahasa 4L4Y.

f. Tema “Hidupku bersama Sains dan Teknologi”

g. Postingan bersifat baru dan belum pernah diterbitkan di media manapun. Hasil yang fresh lebih bagus agar semakin mahir dalam menulis.

h. Boleh kirim lebih dari 1 artikel

i. Panjang tulisan minimal 500 kata

j. Untuk yang berminat mengirim kategori Sains dan Teknologi bs langsung kirim tulisannya ke saya di chemist18rahmah@gmail.com. Dengan Subjek [ST Webe] Judul Tulisan

k. Tulisan di ketik di word format A4 font 12 TNR spasi 1,5  dengan margin 3-3-3-3

l. Dibawah naskah tulisan disertakan biodata singkat yang berisi nama, nama dan alamat Blog, akun twitter dan email sebagai data mutlak yang harus ada.

m. Naskah di kirim di attachment file bukan di badan email.

n. Naskah dan Biodata jangan dipisah yah. Supaya lebih mudah downloadnya.

 o. DL Sampai kuota artikel terpenuhi

 .6. Penulisan artikel Hobi~ Desk Artikel Noorma Fitriana M.Zain1

a. Blogger

b. Harus menjadi anggota Webe

c. Tak dibatasi usia. Sebab jangkauan Hobi tak terbatas.

d. Gaya penulisan bebas. No SARA. Lebih bagus lagi jika menampilkan foto/gambar penunjang tulisan (kalau foto/gambar yang diambil dari internet, mohon cantumkan sumbernya yaaa…)

e. Menggunakan bahasa Indonesia (bahasa asing boleh sebagai pelengkap saja) dan sama sekali tidak diperkenankan bahasa 4L4Y.

f. Tema “Hobiku Rezekiku” ,maksudnya dengan Hobi yang kita lakukan, kita bisa mendapat rezeki, rezeki disini tidak hanya yang bersifat materi (rezeki lahir), tapi juga kepuasan jiwa (rezeki bathin).

g. Postingan bersifat baru dan belum pernah diterbitkan di media manapun. Hasil yang fresh lebih bagus agar semakin mahir dalam menulis.

h. Boleh kirim lebih dari 1 artikel

i. Panjang tulisan minimal 500 kata

j. Untuk yang berminat mengirim kategori hobi, bisa langsung kirim tulisannya ke saya di andic.noorma@gmail.com. Dengan Subjek [HOBI Webe] Judul Tulisan

k. Tulisan di ketik di word format A4 font 12 Times New Roman spasi 1,5  dengan margin 3-3-3-3

l. Dibawah naskah tulisan disertakan biodata singkat yang berisi nama, nama dan alamat Blog, akun twitter dan email sebagai data mutlak yang harus ada.

m. Naskah di kirim di attachment file bukan di badan email.

n. Naskah dan Biodata jangan dipisah yah. Supaya lebih mudah downloadnya.

 o. DL Sampai kuota artikel terpenuhi

 ,

7.Penulisan artikel Anak~ Desk Officer Astin Hidayat.

a. Blogger dan harus jadi anggota WB (yang belom terdaftar bisa klik disini untuk join)

b. Blogger ibu-ibu, bapak-bapak, yang sudah memiliki anak maupun belum dan para anak-anak yang suka nulis cerpen tentang anak dipersilahkan.

c. Gaya penulisan bebas, gak perlu pake bahasa baku. Pokoknya jadi diri sendiri aja kayak kita nulis di blog masing-masing – Yang penting jangan kasar, tidak menyinggung SARA, gak vulgar.

d. Pake bahasa Indonesia.. Gayanya bebas (lihat syarat #4) yang penting jangan pake bahasa alay dan singkatan-singkatan..

e. Membahas masalah dunia anak, baik tentang aktifitasnya dirumah, disekolah juga bisa cerita pendek tentang anak, permainan anak baik tradisional maupun modern.

f. Postingan boleh dari yang udah ada di blog atau tulisan baru juga gak apa-apa.. Atau tulisan lama, di revisi supaya terlihat lebih fresh juga boleh

g. Karena bicara tentang anak juga luas jadi di batasi untuk parenting dari usia lahir sampai usia SD (+/- 12 tahun)

h. Boleh kirim lebih dari 1 artikel

i. Di setiap naskah yang di kirim ada tips-tips berdasarkan pengalaman pribadi atau kalo enggak ada sesuatu yang memberi inspirasi buat yang baca. Yang jelas jangan malah balik tanya ke para pembaca. Misalnya ketika menulis tentang cerita kalo anaknya susah makan, di akhir tulisan malah tanya ke pembaca “Gimana caranya supaya anak saya gak susah makan ya?”. Jangan yaaa.. 

k. Minimum 500 kata

l. Ketik di words. Format kertas A4. Time News Roman font 12. 1,5 spasi. Margin 3333

m. Untuk yang berminat mengirim kategori parenting bisa langsung kirim tulisannya ke saya di astinastanti@gmail.com

n. Format email [AnakWB] Judul Tulisan

Di badan email tulis nama asli atau nama pena (terserah pilih yang mana), dan nama FB (buat ngecek udah jadi anggota WB atau belom), URL Blog (syaratnya kan harus blogger  ), Biodata singkat penulis.. Nanti data2 ini akan di cantumin di buku di halaman “Tentang Penulis”

Isi artikel JANGAN di tulis di badan email. Tp di words ya..

o. DL : Bisa kirim dari sekarang sampai kuota artikel terpenuhi.

.

8. Penulisan Artikel True Story ~ Desk Officer Kurnia esti Hapsari aka Esti Sulistyawan

Berikutnya syarat-syarat dari DO True Story:

a. Blogger

b. Harus menjadi anggota Webe

c. Tak dibatasi usia. Sebab siapa pun pasti pernah/bisa mengalaminya.

d. Gaya penulisan bebas. No SARA.

e. Menggunakan bahasa Indonesia (bahasa asing boleh sebagai pelengkap saja) dan  sama sekali tidak diperkenankan bahasa 4L4Y.

f. Tema “Inspiring of Giving” atau “Kebahagiaan Berbagi yang Menginspirasi”

g. Postingan bersifat baru dan belum pernah diterbitkan di media manapun. Hasil yang fresh lebih bagus agar semakin mahir dalam menulis.

h. Boleh kirim lebih dari 1 artikel

i. Panjang tulisan 700-1000 kata

j. Untuk yang berminat mengirim kategori True Story, bisa langsung kirim tulisannya ke saya di estisulistyawan@gmail.com. Dengan Subjek [True Story Webe] Judul Tulisan

k. Tulisan di ketik di word format A4 font 12 Times New Roman spasi 1,5  dengan margin 3-3-3-3

l. Dibawah naskah tulisan disertakan biodata singkat yang berisi  nama, nama dan alamat Blog, akun twitter dan email sebagai data mutlak  yang harus ada.

m. Naskah di kirim di attachment file bukan di badan email.

n. Naskah dan Biodata jangan dipisah yah. Supaya lebih mudah downloadnya.

 o. Saya tunggu hingga kuota artikel terpenuhi.

.

9. Penulisan Artikel Puisi ~ Desk Officer Belalang Cerewet

Syarat dari DO Puisi sebagai berikut.

Syarat kontributor puisi

a. Setiap kontributor puisi harus seorang narablog.

b. Sahabat narablog wajib menjadi anggota Warung Blogger. Bila belum, sahabat bisa bergabung dengan meng-klik Warung Blogger.

c. Kontributor tidak dibatasi usia, jenis kelamin, status, pekerjaan, agama, dan wilayah geografis, baik kota maupun negara.

d. Satu kontributor boleh menulis puisi untuk semua tema.

e. Setiap kontributor boleh mengirimkan maksimal 5 puisi untuk masing-masing tema.

 

Syarat penulisan puisi

a. Setiap puisi yang dikirimkan harus mengangkat tema yang telah ditentukan.

b. Puisi ditulis dalam bahasa Indonesia, namun diperbolehkan menyisipkan bahasa asing selama masih relevan dengan isi.

c. Puisi yang dikirimkan bebas dan tidak terbatas pada gaya tertentu; boleh berbentuk puisi lirik, haiku, soneta, dan bahkan gaya

  • yang belum pernah dikenal dalam tradisi literer manusia.

d. Puisi tidak boleh menggunakan bahasa alay, namun diperkenankan bersifat lebay.

e. Puisi HARUS merupakan karya orisinal kontributor, bukan plagiat. Bila di kemudian hari ditemukan bahwa karya peserta yang dimuat dalam buku adalah hasil plagiat, maka Tim Seleksi dan Warung Blogger dibebaskan dari semua konsekuensi dan implikasi

  • pelanggaran hak cipta.

f. Puisi yang dikirimkan harus merupakan karya baru dan belum pernah dipublikasikan di media apa pun selain blog

  • kontributor.

g. Puisi diketik rapi dalam file Microsoft Word, bukan notepad atau wordpad.

h. Setiap puisi yang dikirimkan tidak boleh melebihi 2 halaman A4, spasi  1,5 dengan font Times New Roman poin 12 dan batas

  • atas-bawah-kiri-kanan 3-3-3-3.

i. Bila satu kontributor mengirimkan puisi lebih dari satu tema, semua puisi cukup ditulis dalam satu file dengan mencantumkan

  • tema di awal puisi yang bersangkutan.
  • j. Di akhir naskah kontributor menyertakan biodata singkat yang mencakup nama lengkap/nama pena, nama akun fb dan alamat
  • url blog. Data ini akan dicantukan dalam buku di halaman “Tentang Penyair”.

 

Teknis pengiriman

a. Puisi dikirimkan via email dalam bentuk lampiran (bukan ditulis di badan email) ke: puisiwb@gmail.com.

b. Pada subjek email ditulis keterangan mengikuti format: [PuisiWB] Nama Penulis. Contoh: [PuisiWB] – Punjul M. Pirwanto

 

Tema puisi

Puisi harus mengangkat tema-tema sebagai berikut.

IBU. Silakan mengabadikan cinta, pesona, keteguhan, dan kegigihan seorang ibu dalam pengertian seluas-luasnya.

LINGKUNGAN. Masalah lingkungan telah menjadi isu yang terlupakan di negeri ini. Buang sampah sembarangan, pembangunan gedung dan pusat pertokoan tanpa mempedulikan dampak lingkungan, penebangan liar dsb. telah menjadi momok yang kerap kita perbincangkan tapi sekaligus kita lakukan.

 

SOSIAL. Sahabat bisa memotret atau menghadirkan realitas sosial di negeri ini. Bisa tentang praktik korupsi, ketimpangan hidup si kaya dan si miskin, ironi kesejahteraan rakyat sebagai pembayar pajak, dan hal-hal yang mengupas hubungan antarmanusia.

CINTA TANAH AIR. Dunia yang kian global dan derasnya budaya asing yang masuk ke Indonesia menjadi tantangan besar bagi kita untuk tetap melestarikan nilai-nilai lokal yang luhur, patriotisme, serta beragam budaya dan kekayaan non-materiil lain.

RELIGI. Pada suatu titik, manusia akhirnya harus kembali kepada Tuhan. Pada masa tertentu dalam hidupnya manusia akan menyadari kebodohan, keterbatasan dan kebutuhan akan Dzat yang lebih tinggi dan Maha Perkasa. Setiap manusia memiliki pengalaman personal tentang kedekatannya dengan Tuhan.

Tenggat pengiriman

Puisi bisa dikirimkan paling lambat tanggal CLOSED.

 .

10. Penulisan Artikel Olahraga dan Petualangan ~ Desk Officer RZ.Hakim

a.  Blogger yang juga seorang anggota WB.

b. Tema artikelnya seputar dunia olahraga dan petualangan.

c. Jumlah kata 500-700 (kata), ketik di words, kertas A4, margin 3-3-3-3, Times new roman font 12 spasi 1,5. Untuk poin ini, saya nyontek milik Mbak RinRin Indrianie, Desk Officer Pelunisan Cerpen.

d.  Diutamakan tulisan baru, meskipun tulisan lama (yang pernah dipublish di blog) juga diperbolehkan, asal memenuhi syarat.

e. Silahkan kirimkan naskah tulisan ke email saya acacicu@gmail.com dengan subyek [Olahraga&PetualanganWB] – Judul Tulisan – Nama penulis

f. Sertakan biodata singkat di badan email, berisi nama lengkap (atau nama pena), akun jejaring sosial facebook, URL Blog, dan deskripsi pendek tentang penulis. Data-data tersebut nantinya akan dicantumkan dalam buku, jika naskah tulisan anda terpilih.

g. DL Sampaikuota terpenuhi.

Sedikit Tambahan

Tema olahraga dan petualangan itu luas, tapi sekaligus mengerucut. Dengan kata lain, di sini saya tidak perlu menentukan tema (yang lebih spesialisasi lagi). Jika anda suka tentang dunia olahraga sepatu roda misalnya, tuliskan saja pengalaman dan pengetahuan anda tentang itu, tentunya dengan gaya dan karya anda sendiri, bukan copas dari tulisan orang.

Dalam dunia petualangan juga begitu. Saya tidak membatasi masalah destinasi. Kadang, petualangan dengan jarak destinasi yang dekat justru lebih indah dituliskan. Itu semua tergantung darimana kita memandang.

Mengenai tema ini (olahraga dan petualangan), idealnya kita bisa menggabungkan keduanya. Misalnya, berpetualang mengelilingi Monas dengan sepatu roda, hehe.. Untuk pertanyaan dan lain-lain, bisa anda tanyakan di kolom komentar.

.

Halaman Syarat Pengiriman Artikel akan terus diupdate jika ada penambahan dari Desk Officers yang lain.

.

11. Penulisan Artikel Sex &Relationship~Desk Officer Vanisa Desfriani

.

a.  Memiliki Blog boleh blogspot, wordpress, dll bebas

b.  Gabung di warung blogger,  yang belum gabung boleh gabung di sini

c.  Tema  “Sex & Relationship”  genrenya bebas, apa saja. Asal mengacu sama tema. Sex di sini mengenai laki-laki danperempuan loh ya, bukan sex dalam tanda kutip.  Isha kasih contoh ya misalnya tentang pacaran, mantan, slingkuh, menikah, gender,single,dan lain-lain apapun yang ada di pikiran boleh di tulis, tapi ingat ya no sara no pornografi.  Dan juga No Plagiat.

d.  Usia di atas 17 tahun

e.  Di tulis pakai bahasa indonesia, boleh di selingi bahasa lain. Gaya penulisannya bebas dan mudah di mengerti

f.  Panjang tulisan 500-1000 kata, di ketik word format A4 font 12 TNR spasi 1,5  dengan margin 3-3-3-3

g. Boleh kirim lebih dari 1 tulisan

h. Di bawah tulisan, cantumkan biodata singkat berupa nama, nama pena, nama fb, twitter dan url blog

i. Kalau sudah selesai tinggal di kirim ke ishavanisadesfriani@gmail.com dengan format [sex&relationshipWB] – Judul

Tulisan – Penulis

j. Oh ya, karena buku ini akan di terbitkan di nulisbuku.com maka setiap kontributor harus memenuhi persyaratan dari

nulisbuku.com bisa di lihat di sini

k. DL  CLOSED. 

l. Jika ada yang belum di mengerti, boleh hubungi isha.

 .

12. Penulisan Artikel Bisnis ~Desk Officer Abdul Cholik

a. Blogger Republik Indonesia.

b. Harus sudah menjadi anggota Grup Warung Blogger di Facebook

c. Artikel berbentuk esai (artikel biasa)

e. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar bukan bahasa alay dan lebay.

f. Artikel dapat berupa: tips tentang bisnis, pengalaman membangun dan menjalankan bisnis, kisah sukses bisnis yang anda alami. Bisnis bukan hanya yang berskala besar, bisnis/usaha rumahan yang anda laksanakan juga dapat dikirimkan sehingga bermanfaat bagi orang lain.

g. Tulisan yang dikirim boleh dari tulisan lama yang sudah ada di blog. Ubah judul dan poles artikelnya agar berbeda dengan artikel yang pernah dipublish di blog.

h. Boleh mengirim lebih dari 1 artikel

i. Minimum 500 kata

j. Ketik di words. Format kertas A4. Time News Roman font 12,  1,5 spasi., margin 3333

k. Tulisan harus orisinil bukan dari copy paste kecuali kutipan dari sumber yang valid.Kutipan agar disebutkan sumbernya.

l. Artikel dikirim kepada Desk Officer Bisnis melalui email : decholik@gmail.com

– Pada kolom subjek ditulis: [ Bisnis WB] Judul Tulisan-Nama Pengirim

– Di badan email harap disertakan : nama asli (nama pena juga boleh), URL Blog, Biodata singkat penulis, Akun facebook, Twitter (jika punya). Data penulis akan di cantumkan di halaman “Tentang Penulis” pada buku yang akan diterbitkan.

– Isi artikel jangan di tulis di badan email. Cantumkan sebagai attachment

 m. DL : Dapat dikirim mulai  sekarang karena makin cepat makin baik. Tanggal 1 April  201 4 merupakan batas akhir.

.

 13. Penulisan Artikel Memasak & Makanan~Desk Officer Ika Rahma

SYARAT UTAMA
Untuk syarat dari nulisbuku.com silahkan klik link di bawah ini : http://abdulcholik.com/2013/02/20/buku-karya-anggota-grup-warung-bloggerterms-conditions/

SYARAT TAMBAHAN (yang lebih banyak dari syarat utama :p)

a. Blogger dan harus jadi anggota WB (yang belom terdaftar bisa klik di sini untuk bergabung)
Nggak harus foodblogger, asal punya blog dan sudah member WB saja.
b. Gaya penulisan bebas dan sopan. Bahasanya tidak harus baku, asal enak dibaca aja dan tidak mengandung SARA, alay, atau temen-temennya alay *maksudnya bahasa autotext BBM*.
c. Boleh mengirimkan resep, review tempat makan, recipe card, tips memasak, cara mengatur dapur, interior dapur, chef favorit dkk. Yang perlu diperhatikan, semua harus karya sendiri, bukan copy paste, bukan comot di blog tetangga, bukan pula hasil menghapus watermark foto karya orang lain. Resep boleh hasil googling, tetapi harus diuji coba di dapur masing-masing.
d. Postingan boleh baru, tapi boleh juga yang sudah diposting di blog dengan modifikasi agar lebih menarik.
e. Boleh kirim lebih dari 1 karya.
f. Karya dikirim ke dapurhangus@gmail.com dengan subjek email Buku WB
g. Format pengiriman karya :
– Ketik di MS Words, A4, Time News Roman font 12, 1,5 spasi. Margin 3-3-3-3
– Kirim dalam bentuk attachment, bukan di badan email
– Bila menggunakan foto, boleh diattacthment dengan maksimal ukuran 300KB
– DI badan email, tulis nama FB (untuk mengecek apakah sudah menjadi member WB atau belum), judul, biodata singkat (boleh dengan atau tanpa foto)
h. Deadline pengiriman karya  1 April  2014 WIB. Batas waktu pengiriman bisa diperpanjang sesuai kebutuhan.
j. Semua hasil penjualan buku ini nantinya untuk kegiatan sosial yang dikoordinasi oleh para admin dan member WB.
k. Karya yang masuk tidak dipungut biaya sepeserpun.

.

12. Penulisan Artikel Humor Cerdas~Desk Officer Abdul Cholik

a. Blogger Republik Indonesia.

b. Harus sudah menjadi anggota Grup Warung Blogger di Facebook.

c. Artikel harus orisinil,segar dan belum pernah diterbitkan di media apapun dan dalam bentuk apapun.

e. Menggunakan bahasa yang ringan khas humor.

f. Humor tidak jorok,tidak bersinggungan dengan masalah SARA dan tidak SARU,tidak mesum,porno, menyerang kehormatan pribadi dan atau kelompok.

g. Tulisan yang dikirim boleh dari tulisan lama yang sudah ada di blog. Ubah judul dan poles artikelnya agar berbeda dengan artikel yang pernah dipublish di blog.

h. Boleh mengirim lebih dari 1 artikel

i. Panjang artikel humor maksimal 1 halaman.

j. Ketik di words. Format kertas A4. Time News Roman font 12,  1,5 spasi., margin 3-3-3-3

k. Artikel dikirim kepada Desk Officer Bisnis melalui email : decholik@gmail.com

– Pada kolom subjek ditulis: [ Humor Cerdas WB]  Judul Tulisan-Nama Pengirim

– Di badan email harap disertakan : nama asli (nama pena juga boleh), URL Blog, Biodata singkat penulis, Akun facebook, Twitter (jika punya). Data penulis akan di cantumkan di halaman “Tentang Penulis” pada buku yang akan diterbitkan. Lampirkan foto.

– Isi artikel jangan di tulis di badan email. Cantumkan sebagai attachment

 l. DL : Dapat dikirim mulai  sekarang karena makin cepat makin baik. Tanggal 30 Maret  201 4 merupakan batas akhir.

Artikel yang masuk akan diseleksi oleh Desk Officers


10 thoughts on “Syarat Dan Ketentuan Pengiriman Artikel

    Cahya Baroto said:
    25/02/2013 at 00:24

    saya menunggu syarat kategori pengembangan diri

    Garis besarnya sama, yang mungkin beda adalah tema atau scopenya nduk

    Lyliana Thia said:
    03/03/2013 at 11:43

    punten… mau tanya apa bedanya kategori “parenting” dengan kategori “anak”?
    karena saya baca persyaratan tema nya kok sama ya?

    tks🙂

    Anak kayaknya lebih diperluas misalnya ada cerita untuk anak

    Cara Menulis Artikel Bisnis - BlogCamp said:
    20/03/2013 at 04:20

    […] menulis artikel bisnis juga bisa anda simak di halaman Syarat Pengiriman Artikel blog Proyek Buku Warung […]

    Olive B said:
    15/04/2013 at 19:04

    menarik😉

    Surabaya Punya Cerita said:
    22/04/2013 at 17:06

    kl tulisan2 Surabaya Punya Cerita masuk di bagian apa ya??

    Tiya said:
    12/05/2013 at 11:31

    kalau cerpennya lebih dr 700 kata,nggak boleh ya?

    Abi Sabila said:
    17/05/2013 at 13:02

    Bismillah, semoga bisa ikutan.

    Siti Aisah said:
    27/01/2014 at 20:55

    siap2 nulis, meluncurrrrrrrrrr!!!🙂

    nuzulularifin said:
    09/02/2014 at 09:35

    Insyaalloh akan ikutan yang lowong.🙂

    Banyak yang lowong kok

    nuansapena said:
    10/02/2014 at 07:11

    Insya Allah setelah terlibat puisi, ingin melibatkan diri di humor!

    Saya tunggu mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s